Curug Sidomba Kuningan, Destinasi Wisata Unik dengan Cerita Mitos

Curug Sidomba Kuningan adalah salah satu tujuan wisata yang paling populer di Jawa Barat. Destinasi wisata ini menyuguhkan perpaduan antara area camping, kolam renang dengan pesona air terjun, serta keunikan lainnya.

Sesuai dengan namanya, Curug Sidomba, konon dulunya kawasan ini merupakan tempat memandikan domba atau kambing.

Destinasi wisata ini terletak di kaki Gunung Ciremai, bahkan sudah menjadi kawasan wisata andalan Kabupaten Kuningan. Pasalnya, lokasi wisata ini sangat strategis dengan akses jalan yang baik.

Destinasi Wisata Curug Sidomba Kuningan

Mengunjungi wisata air adalah hal yang menyenangkan. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi wisata air untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga atau teman, di Kabupaten Kuningan terdapat tempat wisata yang cukup populer dan banyak dikunjungi wisatawan lokal dari berbagai daerah.

Baca Juga: Curug Cipinaha di Tasikmalaya, Obat Stres di Masa Pandemi Covid-19

Destinasi wisatanya adalah Curug Sidomba. Selain menikmati keindahan alamnya, berwisata ke kawasan ini juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik.

Pesona dan Mitos Curug Sidomba Kuningan

Curug Sidomba terletak di kawasan objek wisata Bumi Perkemahan Sidomba. Jadi sesampainya di gerbang masuk wisata ini, pengunjung akan melihat betapa luasnya area tersebut.

Saat memasuki kawasan Curug Sidomba, Anda akan menemukan bangunan masjid yang sangat megah berhiaskan menara yang menjulang tinggi.

Masjid tersebut bernama ASMAUL HUSNA. Menariknya, untuk mencapai puncak menara, pengunjung harus melewati 99 anak tangga.

Sesampainya di puncak menara, Anda akan melihat keindahan alam Gunung Ciremai yang sebagian masih alami dengan adanya pepohonan yang sangat rindang. Nah, tidak jauh dari masjid megah tersebut terdapat pintu masuk menuju Curug Sidomba Kuningan.

Baca Juga: Curug Cinulang Cicalengka, Pesona Air Terjun Kembar Kota Bandung

Curug Sidomba atau bisa disebut Curug Cidomba merupakan salah satu destinasi wisata air terjun di Kabupaten Kuningan. Jika air terjun lainnya terbentuk secara alami, berbeda dengan Curug Sidomba yang merupakan air terjun buatan.

Baca Juga :  Pengunjung Obwis Gunung Galunggung Tasikmalaya Mulai Meningkat

Meski demikian, destinasi ini tetap memiliki daya tarik dan keindahan yang tak kalah mempesona dari air terjun yang terbentuk secara alami.

Curug Sidomba memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter dan memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan. Hal ini karena airnya berasal dari mata air Gunung Ciremai.

Di kawasan ini didominasi oleh pohon pinus dan beberapa pohon besar lainnya. Hal inilah yang membuat Curug Sidomba Kuningan sangat sejuk dan asri.

Baca Juga: Curug Panoongan Tasikmalaya, Cocok untuk Berenang dan Instagramable

Kawasan wisata ini memiliki mitos yang cukup mencuri perhatian pengunjung. Sesuai dengan mitos yang berkembang, jika pengunjung membasuh muka di air terjun ini, semuanya akan berjalan lancar.

Baik untuk urusan jodoh, rezeki, hingga sesuatu yang dicita-citakan. Maka tak heran jika kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Aktivitas Menarik Curug Sidomba Kuningan

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda bisa melihat domba atau kambing bertanduk 4 yang menjadi icon kawasan wisata ini.

Selain domba, ada berbagai jenis hewan lain yang ada di destinasi wisata ini. Mulai dari kalkun, cendrawasih, monyet, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Curug Sidomba sangat cocok sebagai wisata edukasi anak. Selain itu, Anda juga bisa berkeliling area perkemahan Sidomba dengan menggunakan mobil berkepala kambing.

Ada juga kolam renang dengan kualitas air yang sangat jernih dan segar. Pasalnya, air dari kolam renang ini berasal dari mata air yang berasal dari pegunungan Ciremai.

Lokasi Air Terjun Sidomba

Lokasi destinasi wisata ini tepatnya di Desa Peusing, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Dengan jarak tempuh 30 menit dari pusat kota Kuningan, Anda sudah bisa menikmati keindahan objek wisata air terjun Sidomba.

Baca Juga :  Wisata Tebing Keraton, Nikmati Berbagai Spot Foto Instagramable

Harga Tiket dan Jam Operasional

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi Curug Sidomba tidak perlu khawatir dengan biaya masuk yang anda perlukan.

Pasalnya, tarif dari destinasi wisata ini sangat terjangkau. Hanya dengan biaya masuk Rp. 10.000 untuk segala usia. Namun, harga bisa naik saat libur panjang dan tahun baru tiba.

Mengenai jam operasional, Curug Sidomba Kuningan buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Bagi anda yang ingin berkemah di sekitar lokasi, maka anda bisa membuat laporan di pos informasi. (R10/HR-Online)

Editor: Kakak